Jumat, 26 April 2013

Kamchatka, Gua Berdinding Lampu Warna-warni

Kamchatka. Dailymail.co.uk
  Banyak langit-langit gua di segala penjuru dunia yang dihiasi dengan stalaktit. Tapi hanya ada satu gua yang langit serta dindingnya berbentuk lekukan-lekukan dengan pantulan pelbagai warna. Namanya Gua Kamchatka, Siberia.

Kamchatka merupakan gua es yang dindingnya diukir oleh aliran air panas dari Gunung Berapi Mutnovsky. Air panas itu mengalir melalui gletser yang bersumber dari sungai di bawah tanah.

Efek lampu berwarna-warni pada dinding dan langit gua bukanlah tipuan komputer. Itu melainkan dihasilkan dari sinar matahari yang masuk melalui es glasial. "Hingga menghasilkan rona unggu, biru, hijau, dan kuning yang bersinar," tulis Mail Online, Senin, 8 April 2013.

Kata pemandu lokal Denis Budkov, Gunung Berapi Mutnovsky merupakan jantung dari Gua Kamchatka. Budkov dan fotografer Natalia Balentsova menemukan keajaiban alam ini pada September 2012. Ketika itu, Budkov berinisiatif untuk melihat musim semi di bawah tanah. "Dan kami temukanlah gua luar biasa ini," ujar Budkov.

Di dalam gua, Budkov serta Balentsova menghabiskan waktu beberapa jam guna menjepretkan kamera mereka. Sebuah foto Gua Kamchatka yang berjudul Treasure of the Dwarf pun memenangi kompetisi Alam Liar Rusia 2012.

"Dari luar, gletser hanya berwarna abu-abu dan kotor," ujar Budkov. Tapi di dalam, semuanya berbeda. "Salju mencair, cahaya matahari melewati dinding es tipis, mencerminkan warna cerah."

Keindahan warna Gua Kamchatka tak dapat dilihat sepanjang tahun. Sebab kala musim dingin, salju tebal menumpuk di jalur pendakian. Budkov sendiri tak yakin es itu akan mencair sepanjang musim panas. Bahkan, sebagai pemandu wisata, Budkov tidak pernah tahu ada gua berlampu seperti Kamchatka. "Mungkin harus menunggu tahun depan untuk dapat mengunjungi gua ini."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar